Home » INFO WISATA » 5 Spot Terbaik Menikmati Bunga Edelweis di Indonesia, Nomor 3 Favorit Soe Hoek Gie

Edelweis (Anaphalis) menjadi bunga yang diincar oleh sebagian orang, termasuk para pendaki karena keunikannya. Edelweis kini dikatagorikan sebagai tumbuhan langka dan dijuluki sebagai bunga abadi. Edelweis merupakan tumbuhan endemik yang tumbuh di berbagai pegunungan di Indonesia. Bunga ini tingginya bahkan ada yang mencapai 8 meter dan batangnya bisa sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 meter. Biasanya bunga edelweis tumbuh di gunung berapi pada ketinggian sekitar 1.200 hingga 1.300 meter di atas permukaan laut (MDPL).
Anda bisa melihat cantiknya edelweis di beberapa gunung di Indonesia sambil menikmati pemandangan di sekitarnya.
Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini lima spot terbaik melihat edelweis di Indonesia.

Tegal Alun, Gunung Papandayan

Tegal Alun, Papandayan

Tegal Alun di Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat keindahan bunga edelweis. Tegal Alun merupakan bagian tempat tertinggi di Gunung Papandayan. Berada di ketinggian 2665 MDPL, menjadi ladang edelweis terbesar se-Asia Tenggara. Track ke Tegal Alun cukup landai. Bagi Anda seorang pemula dalam pendakian, gunung ini cocok untuk dijadikan tempat latihan. Hanya beberapa jalur saja yang terjal, jalan sempit berdampingan dengan jurang, dan banyak akar pepohonan yang dapat dijadikan pijakan. Anda juga akan melewati hutan mati yang langsung berdekatan dengan kawah. Serta menjadi spot menarik untuk berfoto. Pemandangannya indah, dan udaranya pun sangat sejuk.

Alun-Alun Surya, Kencana Gunung Gede

Surya Kencana, Gunung Gede

Kemudian ada Alun-alun Surya Kencana yang berada di Gunung Gede, Jawa Barat atau tepatnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung ini berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1000 – 2958 MDPL. Bagi para pendaki, Alun-alun Surya Kencana pastinya sudah tak asing lagi. Di sini Anda akan melihat keindahan bunga edelweis yang tumbuh memenuhi ladang. Ditambah lagi dengan pemandangan alam sekitar pegunungan. Udara yang sejuk, serta keberadaan edelweis membuat suasana menjadi lebih indah. Untuk menuju Alun-alun Surya Kencana, Anda akan melewati beberapa pos pendakian. Serta melewati hutan yang dipenuhi pepohonan tinggi besar dan lebat.

Alun-Alun Mandalawangi, Gunung Pangrango

Mandalawangi, Gunung Pangrango

Masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Alun-alun Mandalawangi Gunung Pangrango jadi spot selanjutnya bagi Anda yang ingin melihat keindahan bunga keabadian itu. Berada di puncak Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 MDPL, Alun-alun atau lembah Mandalawangi jadi salah satu spot edelweis terbaik dan terindah. Bahkan Alun-Alun Mandalawangi ini menjadi tempat favorit Soe Hoek Gie, aktivis Indonesia berdarah Tionghoa yang terkenal lewat catatan harian dan idealismenya yang menginspirasi kaum muda hingga saat ini. Soe Hoek Gie juga sempat menuliskan puisi, berjudul “Sebuah Tanya” di buku Catatan Seorang Demonstran, Gie menuangkan kekagumannya padang edelweis di Mandalawangi. Ia pun PP sebagai Lembah Kasih Mendalawangi.

Plawangan Sembalun, Gunung Rinjani

Bunga Edelweis, Gunung Rinjani

Selanjutnya ada Plawangan Sembalun yang merupakan pintu masuk Gunung Rinjani. Anda bisa melihat hamparan bunga edelweis di tempat ini, dan disebut-sebut menjadi bagian spot terbaik menyaksikan bunga keabadian itu. Berada di ketinggian 2700 MDPL, Plawangan Sembalun merupakan pos terakhir. Sekitar satu kilometer di bawah puncak Gunung Rinjani. Tempat ini adalah camping ground-nya para pendaki yang memiliki pemandangan super cantik. Dipenuhi rumput dan bunga-bunga edelweiss yang putih. Untuk menuju Plawangan Sembalun, diperlukan waktu normal sekitar 8-9 jam. Anda harus melewati sebanyak tiga pos peristirahatan. Di sepanjang jalan sampai dengan pos 3, Anda akan dimanjakan dengan hamparan luas padang rumput yang sesekali dihiasi oleh pohon cemara. Ada banyak keindahan yang bisa Anda nikmati di sepanjang jalur pendakian.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Bunga Edelweis, Gunung Semeru

Edelweis Anda juga bisa menemukannya di Gunung Semeru lho. Bunga ini dianggap sebagai tanan atau bunga abadi oleh masyarakat Tengger yang bermukim di dalam dan sekitar kawasan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dulu, edelweis tumbuh cukup banyak dijumpai di ladang-ladang masyarakat Tengger yang berada pada ketinggian lebih dari 1500 MDPL. Kemudian kawasan Ranu Kumbolo dan lainnya, menjadi spot terbaik yang bisa digunakan untuk melihat hamparan bunga-bunga edelweis. Selain itu, lokasi untuk menemukan hamparan bunga edelweis di gunung ini bisa dijumpai di Kalimati, di mana yang merupakan batas akhir melakukan pendakian.

 

Anda tertarik mengunjunginya ? siapapun bisa kesana, bagi kalian yang ingin dibantu pendakiannya langsung saja hubungi EO terbaik Wisata Gunung yang merupakan brand PT Fournusa Infinity Travelindo. Banyak destinasi menariknya dengan keindahan yang unik visit www.wisatagunung.com

Video Trip Gunung Papandayan

https://www.youtube.com/watch?v=GINal3JxDEc

 

 

 

 

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.